UNY peroleh kuota 1.103 mahasiswa baru bidikmisi

id uny peroleh kuota

UNY peroleh kuota 1.103 mahasiswa baru bidikmisi

Bidikmisi (Foto infoedukasi.net)

Jogja (Antara Jogja) - Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun ajaran 2014 memperoleh kuota mahasiswa baru program bidikmisi sebanyak 1.103 orang.

"Kuota tersebut telah terpenuhi. Mahasiswa sebanyak itu telah lolos seleksi," kata Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Wardan Suyanto di Yogyakarta, Rabu.

Pada pengarahan mahasiswa baru UNY program bidikmisi, ia mengatakan bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bantuan biaya pendidikan atau beasiswa itu, kata dia, diberikan kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

Menurut dia, program itu mempunyai misi untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat kurang mampu dan memiliki potensi akademik memadai untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

"Beasiswa tersebut diharapkan dapat meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi mahasiswa yang pandai tetapi tidak mampu secara ekonomi dan dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi mereka," katanya.

Salah seorang mahasiswa baru UNY program bidikmisi, Fitri Handayani mengatakan senang dapat lolos bidikmisi karena sejak SMA keinginannya untuk kuliah di UNY sangat kuat.

"Saya menyukai pelajaran bahasa Jawa," kata lulusan SMA Negeri 1 Semin Gunung Kidul, DIY, yang diterima pada Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY itu.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024