Akademisi: potensi laut Indonesia belum dimanfaatkan maksimal

id akademisi: potensi laut

Akademisi: potensi laut Indonesia belum dimanfaatkan maksimal

Ilustrasi hasil laut Indonesia (Foto Antara)

Jogja (Antara Jogja) - Potensi laut Indonesia belum dimanfaatkan secara maksimal, karena masih ada kesalahan pola berpikir masyarakat secara umum, kata Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Mohtar Mas`oed.

"Kondisi itu menyebabkan kesejahteraan ekonomi yang bersumber dari potensi Indonesia sebagai negara maritim belum dirasakan," katanya pada seminar "Indonesia as World Maritime Axis Vision or Illusion", di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, masih sedikit sekali para pengusaha yang melirik potensi kelautan dan belum banyak masyarakat melihat sumber pendapatan ekonomi dari laut. Saat ini masyarakat selalu terpaku pada ibu kota atau kota-kota besar lain untuk mencari pekerjaan sebagai sumber pendapatan ekonomi.

"Padahal, nenek moyang kita adalah seorang pelaut, yang menguasai sumber lautan, memusatkan politik perekonomian kita di lautan, tetapi itu dulu, sekarang sudah tidak lagi. Saat ini kita masih ketinggalan dalam memanfaatkan kekayaan laut kita, kekuatan pengelolaan laut kita masih lemah," katanya.

Ia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam visi dan misinya mempunyai program pembenahan pengelolaan laut Indonesia dan pengembangan industri perikanan dengan membangun kekuatan maritim, yang digunakan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat.

Selain itu Jokowi dalam beberapa kali kunjungan kenegaraannya juga terus terang memamparkan potensi laut Indonesia yang berlimpah ruah dan mengajak negara yang dikunjunginya untuk bekerja sama menanamkan investasi di Indonesia.

Menurut dia, pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla mempunyai program untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim. Hal itu telah diperlihatkan dari berbagai aksinya akhir-akhir ini melalui Menteri Kelautan dan Perikanan.

"Salah satu contoh aksi tersebut adalah dengan menenggelamkan kapal-kapal asing yang melakukan penangkapan ikan ilegal di wilayah laut Indonesia. Hal itu sebagai upaya menjaga kedaulatan negara dan memaksimalkan potensi kekayaan laut Indonesia sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024