Pengamat: pembatasan umur KPK tidak cerminkan kesadaran antikorupsi

id KPK

Pengamat: pembatasan umur KPK tidak cerminkan kesadaran antikorupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Ketua PBNU bidang hukum, perundang-undangan dan hak asasi manusia, Robikin Emhas berpendapat pembatasan umur Komisi Pemberantasan Korupsi selama 12 tahun dalam draft revisi UU KPK tidak mencerminkan kesadaran kolektif anti korupsi.

"Bahkan boleh dikatakan tidak memiliki basis argumentasi dan rasio logis yang memadai, karena di tengah praktik korupsi yang masih 'membudaya' dan masyarakat yang menempatkan korupsi sebagai 'extra ordinary crime',"  kata Robikin di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu, lanjut pengacara konstitusi ini, sangat bisa dipahami apabila terjadi penolakan publik terhadap gagasan itu.

"Berbeda seandainya pembubaran KPK yang memang bersifat ad hoc itu didasarkan pada indeks korupsi  dengan parameter yang akuntabel, misalnya," kata Robikin.

Dia juga mengungkapkan bahwa Nahdlatul Ulama dalam Muktamar ke-33 di Jombang pada awal Agustus lalu bahkan merekomendasi agar koruptor dihukum mati.

"Rekomendasi itu dilakukan setelah melalui kajian mendalam dan sangat hati-hati, termasuk dari sisi hak asasi manusia mengingat menyangkut hak hidup manusia," katanya.

Diantara pertimbangan faktual Nahdlatul Ulama merekomendasi hukuman mati terhadap koruptor adalah karena daya rusak korupsi yang langsung menyentuh kehidupan ekonomi masyarakat di tingkat akar rumput, jelas Robikin.

Dalam keadaan seperti ini, katanya, politik pembangunan hukum harus memperkuat institusi penegak hukum di bidang pemberantasan korupsi, baik kepolisian, kejaksaan dan KPK.

Selain itu, tegas Robikin, pembentuk undang-undang melalui proses legislasi yang ada perlu terus mendorong tata kelola pemerintahan yang makin akuntabel dan transparan, serta terus mengupayakan tumbuh-berkembangnya budaya anti korupsi di masyarakat.
J008
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024