75 persen Panwascam Kota Yogyakarta diisi wajah baru

id pilkada

75 persen Panwascam Kota Yogyakarta diisi wajah baru

ilustrasi (antaranews)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Sebanyak 75 persen anggota Panitia Pengawas Kecamatan Kota Yogyakarta untuk Pilkada 2017 yang baru dilantik diisi wajah-wajah baru yang diyakini mampu menjalankan tugas dengan penuh integritas.

"Banyak wajah-wajah baru. Namun, kami pastikan bahwa mereka memiliki kapabilitas dan integritas untuk menjalankan tugas dengan baik," kata Ketua Panitia Pengawas Kota Yogyakarta Agus Muhammad Yasin di sela pelantikan panitia pengawas kecamatan (panwascam) Kota Yogyakarta di Yogyakarta, Senin.

Selain wajah baru, sebanyak 30 persen anggota panitia pengawas kecamatan tersebut juga berisi perempuan. Bahkan, panwascam di Kecamatan Wirobrajan seluruhnya adalah perempuan.

Sebanyak 42 panwascam yang tersebar di 14 kecamatan tersebut akan langsung menjalankan tugas pengawasan seluruh tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

"Mereka akan bertugas sejak dilantik hingga Februari 2017 atau selama tujuh bulan namun bisa diperpanjang jika terjadi perselisihan hasil pilkada," katanya.

Agus menyebut, meskipun tugas utama Panitia Pengawas adalah melakukan pengawasan terhadap tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah, namun panwas juga akan melakukan upaya antisipasi guna mencegah terjadinya pelanggaran.

Salah satu upaya antisipasi yang akan dilakukan adalah dengan melakukan sosialisasi terutama ke pemilih pemula yang duduk di bangku SMA/SMK.

"Kami akan mengajak para siswa untuk menjadi relawan pengawas di lingkungannya masing-masing dan meminta mereka segera melapor jika terjadi pelanggaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah termasuk terjadinya politik uang," katanya.

Selain kepada pemilih pemula, Panwas Kota Yogyakarta juga akan mendekati penyandang disabilitas agar mereka turut membantu pengawasan pelaksanaan pilkada.

Sementara itu, proses pelantikan anggota Panwascam Kota Yogyakarta dilakukan secara unik karena seluruh anggota yang akan dilantik mengenakan pakaian tradisional Yogyakarta.

"Lokasi pelantikan juga dilakukan di Benteng Vredeburg. Harapannya, seluruh anggota panwascam meneladani perjuangan pahlawan. Keberanian dan semangat para pahlawan ini yang harus ditiru," katanya. 
E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024